Selamat Datang .

💫
3 min readApr 4, 2022

Saya ucapkan selamat datang kepada kamu yang baru berkunjung ke laman milik Djenar Kedasih Soenja Malini. Saya harap, kamu tak hanya sekadar singgah.

Pertama-tama, perkenalkan, saya adalah Madukara, insan yang bertanggungjawab atas segala yang berkaitan dengan si jantung hati pantai selatan, Soenja.

Hadirnya saya di sini, untuk memberi beberapa informasi yang sekiranya penting, sebelum kamu memutuskan untuk memencet tombol mengikuti di akun Bedhiyang.

Soenja ini karakter yang seperti apa?

Karakter Soenja digambarkan sebagai sosok gadis cerdas dan tangguh asal Gunungkidul yang diangkat anak oleh sepasang suami istri asal Jakarta. Soenja memiliki latar belakang keluarga kandung yang tidak mampu di kampung halamannya, dengan Bapak dan Ibu yang bekerja sebagai nelayan. Karena ketiadaan biaya, Soenja yang cerdas nyaris terpaksa putus sekolah. Hal inilah yang menjadi penyebab orangtua angkatnya — yang ia sapa Romo dan Biyung — mengangkatnya sebagai anak dan membawanya ke ibu kota.

Kira-kira, konten semacam apa saja yang bakal saya temukan di dalam akun ini?

Apa-apa yang saya tulis, nantinya akan mengandung bahasan mengenai kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin, perundungan, penyimpangan norma, disfungsi keluarga (beserta konflik yang menyangkut kekerasan dalam rumah tangga), dan beberapa masalah sosial lain. Maka dari itu, adegan-adegan kekerasan akan banyak bermunculan di dalam keseluruhan cerita. Sebelum memutuskan untuk mengikuti, sila cermati bagian ini terlebih dahulu dan pastikan kamu tidak akan merasa terganggu dengan konten-konten yang nantinya akan saya tulis.

Apakah kamu merasa keberatan apabila saya berhenti mengikuti akunmu?

Tentu saja tidak keberatan, semua orang berhak menentukan siapa yang ingin diikuti dan siapa yang tidak demi membangun lingkungan menulis yang nyaman. Namun, konsekuensinya adalah saya juga akan berhenti mengikuti akunmu.

Apakah karakter Soenja hidup di setting dunia tanpa pandemi?

Ya, betul! Alasannya digunakan setting dunia tanpa pandemi adalah biar lebih mudah dan fleksibel dalam menulis plot.

Di mana saja latar tempat untuk cerita yang akan kamu tulis?

Utamanya di Gunungkidul (kampung halaman Soenja) dan Jakarta (tempat tinggal baru Soenja). Namun, tidak menutup kemungkinan tempat-tempat lainnya akan bermunculan sewaktu-waktu.

Siapa saja karakter krusial yang ada dalam cerita karakter Soenja?

  • Bapak dan Ibu (orangtua kandung Soenja)
  • Romo dan Biyung (orangtua angkat Soenja)
  • Banjoe Dri Karta Dewangga (kakak angkat Soenja)
  • Tuhu, Mirah, Jagat (sahabat-sahabat Soenja)

Apakah karakter Soenja terbuka untuk tawaran berelasi dan plot?

Tentu saja! Dengan catatan, relasi dan plot tidak bertentangan dengan latar cerita utama Soenja. Untuk perihal ini, pesan pribadi saya sangat terbuka kapanpun untuk siapa saja yang tertarik untuk berelasi atau menulis plot dengan Soenja.

Bagaimana soal penyaduran dan plagiarisme?

Saya menentang keras segala wujud perbuatan yang bersifat menjiplak konten karakter saya. Bilamana terinspirasi, itu lain lagi. Mohon dapat bedakan dengan baik.

Bagaimana cara menyampaikan kritik dan saran kepadamu?

Kamu bisa bebas mengetuk pesan pribadi saya untuk masalah ini. Selain itu, apabila kamu ingin berteman di akun siber dengan saya, saya pun menerima dengan sangat terbuka! Langsung saja hubungi saya di pesan pribadi dan jangan sungkan.

Apakah ada tambahan?

Ada! Saya tidak selektif perihal berteman (atau ber-mutual), hanya saja, saya selektif perihal membangun relasi. Bukan apa-apa, hal ini saya lakukan demi pengembangan karakter Soenja. Jadi, saya tidak akan selalu menerima tawaran relasi.

Lalu, saya ini manusia yang juga punya kehidupan pribadi di dunia nyata. Saya pun punya kesibukan sendiri yang enggak bisa dipungkiri. Jadi, saya mohon maaf apabila saya lelet sekali dalam membalas plot! Sebab saya berpikir, kalau saya paksa membalas plot di waktu sempit dan suasana hati tidak enak, plot itu nantinya akan jadi kelihatan tidak niat dan balasannya akan pendek. Hal ini berlaku juga untuk interaksi (seperti mention dan DM).

Perihal visualisasi dari karakter Soenja, saya meminjam wajah Liz (리즈) atau Kim Ji-won (김지원) dari IVE. Namun, saya menyatakan bahwa saya tidak memiliki keterkaitan apapun dengan baik dengan pihak Liz, IVE, maupun Starship Entertainment. Di sini, saya hanya meminjam wajah sebagai visualisasi cerita semata.

Saya juga menyatakan bahwa akun ini dan segala hal yang terdapat di dalamnya bersifat fiktif dan tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan kehidupan nyata. Karakter Soenja ialah buah dari pemikiran Madukara semata.

Sepertinya, sekian hal yang ingin saya sampaikan sebagai mukadimah dan panduanmu sebelum mengikuti akun Bedhiyang dan berteman dengan Soenja. Apabila ada kekurangan, akan saya tambahkan sewaktu-waktu menyesuaikan situasi dan kondisi. Terima kasih telah membaca sampai akhir. Semoga kamu memutuskan untuk menetap!

--

--